Aceh,

Kalau Kamu Ke Aceh Selatan, Jangan Lupa Mampir Disini, Ada Jus Nipah Pertama di Indonesia

November 07, 2016 Unknown 0 Comments

Kalau Kamu Ke Aceh Selatan, Jangan Lupa Mampir Disini, Ada Jus Nipah Pertama di Indonesia
photo : acehlens.co
Sudah pernah ke Aceh Selatan ?
Kalau belum main-mainlah sesekali.

Aceh Selatan, dahulu sebelum maju seperti sekarang ini konon katanya orang-orang takut berkunjung ke Aceh Selatan karena ilmu hitamnya, upss!. Ternyata yang katanya orang-orang tersebut benar, ketika saya hijrah ke Banda Aceh untuk melanjutkan pendidikan ada banyak teman-teman sekelas yang bertanya tentang hal-hal aneh kepada saya berkenaan dengan Aceh Selatan, bahkan saya sempat diuji oleh orang sekitar, yang dia pikir saya memiliki ilmu hitam, Huft..!! . Saya hanya  menjawabnya mungkin itu hanya humor yang dianggap serius oleh orang-orang sekitar, karena menurut saya di daerah manapun kita berada pasti ada cerita tersendiri, yang penting selama kita menghormati nilai-nilai, adat istiadat gampong  dan norma yang berlaku di daerah tersebut dan kita tidak membuat onar insyaallah aman-man saja.
Kalau Kamu Ke Aceh Selatan, Jangan Lupa Mampir Disini, Ada Jus Nipah Pertama di Indonesia
ini dia buah nipahnya | photo : acehlens.co

Katanya kalau ke Aceh Selatan bisa pergi tidak bisa pulang lagi. Mungkin ada benarnya juga, kamu bisa pergi tapi kamunya tidak mau pulang (balik) lagi karena kamu tidak mau meninggalkan Aceh Selatan terlalu cepat. Karena ada banyak wisata yang belum habis kamu kunjungi , ada banyak kuliner yang kamu cicipi dan ada banyak kisah yang belum habis kamu dengar. Ada banyak sekali keindahan alam Aceh Selatan yang belum terjamah, ada banyak sekali wisata alam yang asri yang belum terekploitasi dan terpublikasi. Karena secara wilayah Aceh Selatan termasuk yang sangat luas, makanya sangat banyak sekali kekayaan alam di daerah ini. Karena terlalu luas memanjang daerah ini, membuat Pemerintah Aceh saat itu  memekarkan daerah ini menjadi tiga bagian,  Abdya, Aceh Selatan dan Aceh Singkil dengan alasan  untuk percepatan pembangunan daerah tersebut.
Saya tidak mau menjabarkan terlalu luas tentang Aceh Selatan disini, kalau mau tahu tentang Aceh Selatan secara mendalam berkunjunglah, datanglah, lihatlah dan nikmatilah keindahan alamnya dan keramahan penduduknya. Tapi kalau kamu belum punya kesempatan bertandang kesini silakan kunjungi saja instagram-instagram yang menyediakan panorama dan keindahan Aceh Selatan dan untuk informasi lebih detailnya kunjungi saja website resminya. #haha
Nah, bagi kamu yang sudah ada niat bertandang ke negeri pala ini, saya mengajak anda untuk mampir ke salah satu cafe yang terletak di Desa Genteng Buya, Pasie Lembang, Kluet Selatan tepatnya di Cafe Ala Manda.
Kalau Kamu Ke Aceh Selatan, Jangan Lupa Mampir Disini, Ada Jus Nipah Pertama di Indonesia
ini dia nama cafenya | photo : acehlens.co 

Selain tempatnya yang indah dengan hamparan keindahan sungai genteng Buya, disini kamu juga bisa mencoba salah satu minuman khasnya, yaitu juice nipah ala alamanda cafe pertama di Indonesia, #gamain-main Bro !. Di daerah ini memang lumayan mudah mendapatkan pohon nipah, yang daunnya diolah penduduk setempat sebagai bahan “rokok pucuk” juga sebagai pengganti atap rumah atau gubuk. Sedangkan buahnya kadang-kadang sering terbuang begitu saja.
Ternyata, Rustam Efendi (32) pemilik cafe ini mencoba memanfaatkan buah nipah ini menjadi juice. Rasanya yang khas ini ternyata menjadikan juice nipah ini sebagai minuman favorit cafenya, walhasil ada banyak pengunjung yang mampir bahkan datang khusus ke cafe ini hanya untuk merasakan bagaimana cita rasa juicenya.
Kalau Kamu Ke Aceh Selatan, Jangan Lupa Mampir Disini, Ada Jus Nipah Pertama di Indonesia
ini dia penampakan juice nipahnya | photo :  acehlens.co

Saya sendiri agak sulit menjelaskan secara detail bagaiman rasa juice yang dijual seharga Rp. 8000 pergelas ini, rasanya seperti kelapa tapi bukan buah kelapa ini sangat halus dimulut saat kita meminumnya. Makanya saran saya segeralah kesini untuk merasakannya sendiri bagaimana nikmatnya juice nipah pertama di Indonesia ini.
Saat ini sang pemilik cafe sudah memiliki keuntungan rata-rata dengan bisnis juice buah nipah ini. Buah yang akan khasiat ini mampu menggerakkan banyak orang untuk mengunjungi cafenya. Sekarang giliran kamu, kapan?
Oh ya, selain juice buah nipah tadi, cafe ini juga menyediakan kolak nipah yang dibandrol seharga Rp. 10.000, per mangkoknya. Mengenai rasanya saya kurang tahu, kebetulan saat itu saya tidak mencicipinya karena terlalu kenyang dengan Mie Rebus ala Alamanda Cafe ini. Tapi saya pikir, rasanya pasti tidak jauh beda, pasti rasa nipah juga. #haha
Kalau Kamu Ke Aceh Selatan, Jangan Lupa Mampir Disini, Ada Jus Nipah Pertama di Indonesia
cafe alamanda tampak dari jauh dalam sungai genteng buya | photo : acehlens.co

Finally, sebagai bahan pertimbangan sebelum merasakan juice buah nipah ini mungkin ada baiknya kamu mengetahui apa saja manfaat buah nipah ini. Menurut amatan saya di google, ini dia beberapa manfaat buah nipah, di antaranya ; bisa menambah hormon, anti kanker, mengatasi penyakit hati, pengakit gondok, penawar racun, mengurangi panas dalam, tenggorokan dan pengumpalan darah.
Sekian !
Ayo, Jangan Takut ke Aceh Selatan !




You Might Also Like

0 komentar: