Human Interest

Illiza, Bunda Kota Madani Yang Kaya Prestasi

Januari 03, 2017 Kasel 0 Comments

Illiza, Bunda Kota Madani Yang Kaya Prestasi
Photo Via Instagram Illiza Saaduddin Djamal
ACEHLENS.COM-  Siapa yang tak kenal dengan orang nomor satu di Banda Aceh ini?
Illiza Saaduddin Djamal, itulah nama sejak lahirnya, yang kemudian sering disapa dengan istilah Bunda. Wanita yang memiliki sifat keibuan yang tinggi ini memulai karir politiknya dengan menjabat sebagai anggota DPRK Banda Aceh pada tahun 2004-2006 , kemudian kiprahnya dalam dunia politik dilanjutkan dengan menjabat sebagai wakil walikota yang berpasangan dengan Alm. Ir Mawardy Nurdin pada periode 2007-2012.
 Kepuasan warga terhadap kenerja mereka ternyata kembali memberi ruang di hati masyarakat sehingga  terpilih kembali pada periode 2012-2014. Pada awal tahun 2014  ternyata Allah berkehendak lain, Bunda Illiza ditinggalkan oleh Alm. Ir Mawardy yang berpulang ke Rahmatullah, sehingga kepemimpinan Banda Aceh pun dilanjutkan oleh sosok Bunda Illiza, yang kemudian didampingi oleh keuchik Zainal Arifin hingga saat ini (non aktif).
Wanita kelahiran 31 Desember 1973 ini mulai dikenal luas sejak menjabat wakil walikota dengan gebrakan beliau sebagai wakil saat itu, Bunda fokus pada penegakan syariat islam dan Alm. Mawardy Nurdin berkonsentrasi pada pembangunan kota, kerja solid mereka membuahkan hasil yang menjadikan Banda Aceh mampu bersaing dengan kota-kota lain di nusantara.
Coba bayangkan, dengan kondisi Banda Aceh hancur lebur pasca tsunami, mereka mampu mengembalikan semangat warga dan sama-sama membangun dan memajukan kotanya. Wisatawan pun dibuatnya tercengang melihat perkembangan kota, dengan pertumbuhan ekonomi warga dan keindahan kotanya, jika mereka melihat bagaimana keadaan Banda Aceh pada 2004 silam mungkin sebahagian mereka sulit percaya. Tapi, pembangunan itu nyata, terasa dan dapat dipandang secara kasa mata.
Illiza, Bunda Kota Madani Yang Kaya Prestasi
Illiza dikenal sangat suka dengan anak-anak| Photo Via Instagram Illiza Saaduddin Djamal
Walaupun sebagai seorang perempuan, ternyata beliau sangat tangguh dan mampu memimpin dengan baik. Tagline menjadikan Banda Aceh sebagai Model Kota Madani menjadi semangat beliau untuk terus bekerja dan berbuat untuk kota paling kece di Aceh ini.
Dalam kepemimpinannya, selain membenah kota, beliau juga tampil di garda paling depan dalam menegakkan syariat islam, beliau sangat aktif mendakwahkan nilai-nilai islam kepada masyarakat, beliau terjun langsung membasmi segala bentuk kemaksiatan yang ada, mendatangkan da’i ulung dari timur tengah untuk membangkitkan semangat beragama antar warga, membenah rumah-rumah ibadah dan fasilitas umum, menggalakkan shalat berjama’ah dan sebagainya.
Menurutnya, kepemimpinannya sangat rugi apabila tidak digunakan untuk mensyiarkan agama Allah. Baginya, menolong agama Allah adalah hal utama. dan beliau sangat yakin dengan membantu agama Allah, Allah akan membantunya dalam bekerja, memimpin dan membangun kota.
Illiza, Bunda Kota Madani Yang Kaya Prestasi
dikenal ramah dan akrab dengan warganya | Photo Via Instagram Illiza Saaduddin Djamal
Tidak jarang, sebahagian masyarakat dari berbagai kalangan kerap menjatuhkan setiap kebijakannya, bahkan ada yang menilai bahwa bunda menjual agama dalam berpolitik, karena dalam setiap kerja atau pidatonya selalu menyelipkan nasehat agama. Tapi, baginya itu adalah penilaiannya yang keliru. Karena dengan berpolitiklah seorang pemimpin mensyiarkan agama. Menurut beliau, naif sekali jika ada penguasa, tapi dengan kekuasaanya tersebut tidak digunakan untuk mensyiarkan agama. Karena memimpin juga bagian dari dakwah. Dan hal tersebut sangat sering beliau sampaikan pada beberapa media yang penasaran dengan semangat bunda memimpin kota selama ini .

Terbukti, beliau mampu mengharumkan nama Aceh dan Kota Banda Aceh khususnya dengan segudang prestasi. Banda Aceh pun dikenal luas oleh kota-kota lain di Indonesia, bahkan dunia. Bahkan masyarakat international pun melirik ketegasan beliau dalam menegakkan syariat islam, sehingga beliau pernah diundang ke beberapa negara unuk mempresentasikan tentang pelaksanaan syariat islam.
Perempuan yang selalu tampil apik lagi menarik ini makin disukai oleh khalayak ramai. Kecerdasannya dalam memimpin kota tidak hanya mempersembahkan prestasi untuk Kota Madani, secara pribadi beliau juga tidak sedikit mengoleksi berbagai prestasi dan penghargaan yang ia terima selama menjabat walikota.

Selain itu, secara personal Bunda Illiza pun makin eksis di belantika politik Indonesia, Ia ibarat primadona yang dicintai oleh masyarakatnya bahkan masyarakat luar kota Banda Aceh pun banyak yang menjadi fansnya. Keaktifannya di media sosial digunakan untuk bersilaturahmi dengan warganya, beliau menyapa dan beriteraksi dengan lainnya.
Teruji, dengan segala halangan dan rintangan yang beliau hadapi selama ini, menjadikannya semakin tangguh dan kokoh berdiri. Beliau bersinergi membangun negeri, mengajak warganya untuk sama-sama membangun dan mencintai kotanya.
Illiza, Bunda Kota Madani Yang Kaya Prestasi
ia juga dikenal pendengar keluh kesah masyarakat | Photo Via Instagram Illiza Saaduddin Djamal
Perempuan cerdas ini pun terus terpacu untuk terus membenah kotanya. Beliau terus bersemangat menegakkan syariat di ibukota propinsi Aceh ini. Memang tak mudah bagi beliau dalam bergerak, hantaman kiri kanan pun kerap beliau hadapi, kritikan pedas yang tidak membangun pun sering ia terima. Tapi, serangan tersebut tidak menjadikan beliau jatuh, bahkan menjadi kekuatan untuk terus bergerak, berdiri tegak mengibarkan bendera amar ma’ruf nahi mungkar.
Bunda, sapaan warga yang sangat halus terdengar di telinga. Didalam kesehariannya mampu memancarkan cahaya yang begitu mempesona. Dengan fashion muslimah membalutinya beliau tebarkan senyuman  untuk seluruh warganya, hingga bidikan kamera para jurnalis pun tidak mampu mengelaknya.
Kini, wanita multi talent ini sedang mempersiapkan diri untuk meraih kursi nomor satu di Kota Madani untuk periode 2017-2022, beliau bertekad untuk melanjutkan kembali pembangunan kota. Dengan dukungan warganya beliau melangkah. Terbukti dan teruji menjadi slogannya untuk kembali mengebrak kota madani.
Oh Bunda, Mulianya dikau terlihat dari raut wajahmu, santun ramah menyapa pun bisa terbaca dari budi bahasamu. Lanjutkan Bunda ! #upss ini kampanye. 
Illiza, Bunda Kota Madani Yang Kaya Prestasi
Photo Via Instagram Illiza Saaduddin Djamal
Selain mahir, bunda juga memiliki suara yang merdu. Tak jarang, dalam setiap kunjungan ke gampong-gampong menyapa warga beliau menyanyikan lagu-lagu qasidah islami menghibur anak-anak dan orang tua. Kemerduan suaranya pun terdengar seantero nusantara. Mungkin, kalau bukan walikota beliau akan mengisi ruang belantika musik Indonesia. Buktinya, beberapa produser film melirik beliau untuk mengisi soundtracknya bahkan menjadi bintang filmnya, Surga Menanti dan 5pm. Bahkan beliau juga bisa menjadi komika, yang bercerita tentang agama , penampilannya bak Raditya Dika yang melahirkan canda tawa dari penontonnya. Luar biasa.


Akhirnya, penulis sebagai masyarakat Aceh bangga dengan adanya Bunda sebagai walikota. Beliau menjadi motivator bagi pemimpin kabupaten/kota yang lain di Aceh, yang kerap mewakili daerah ke kancah nusantara bahkan dunia. Mengharumkan nama Aceh di antara propinsi yang ada di Indonesia. Semoga Aceh dihiasi oleh srikandi-srikandi hebat dan bersahaja, yang dapat mengembalikan kejayaan Bumi Iskandar Muda Seperti Laksamana Malahayati atau Cut Nyak Dhien Cut Meutia. Inilah sebuah cerita, Illiza, Bunda Kota Madani Yang Kaya Prestasi.

You Might Also Like

0 komentar: